5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Second / Bekas – Banyak orang merasa takut dan ragu ketika membeli smartphone bekas atau second. Mungkin ragu dan takut disini karena takutnya smartphone tersebut adanya cacat fisik ataupun dari hardware smartphone tersebut.

baca juga : Tips Memilih Power Bank yang Tepat Untuk Smartphone

Bila kamu bukanlah seseorang yang ingin terus mengikuti jaman, membeli smartphone bekas atau second bukanlah menjadi persoalan besar, lantaran smartphone bekas pastinya bukanlah keluaran baru, melainkan smartphone yang telah keluar beberapa bulan lalu atau bahkan satu tahun lalu.

Tapi taukah kamu bahwa membeli smartphone second juga ada beberapa keuntungan loh. Pastinya diantaranya flagship flagship keluaran tahun lalu akan jatuh harga. Tapi tetap saja, kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli smartphone second.

Berikut 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Second / Bekas

Mengecek harga

Cobalah untuk browsing harga smartphone incaran kamu, berapa harga baru dari smartphone incaran anda. Bila anda menemukan smartphone second incaran anda lebih mahal daripada harga barunya, bukankah lebih baik beli yang baru saja?

Perhatikan kondisi fisik

Bila anda sudah membeli smartphone second , perhatikan fisik dari smartphone tersebut. Biasanya yang dicek pastinya adalah kondisi body dari smartphone tersebut. Lihat apakah ada goresan yang membuat mata sakit atau tidak. Bila hanya sekedar goresan sedikit, seharusnya tidak akan menjadi masalah karena pastinya anda akan menggunakan casing.

Cek nomor IMEI

Membeli smartphone second yang masih lengkap dengan box, jangan lupa untuk mengecek IMEI dari smartphone tersebut. Pastikan nomor IMEI tersebut sama dengan box nya.

Test baterai

Jangan lupa untuk menguji coba baterainya. Bila baterai tidak tahan lama, maka sama aja bohong. Tanyakan kepada penjual apakah ada garansi tertentu bila baterai tersebut tidak tahan lama atau tidak. Jangan lupa juga untuk mencoba charge di depan sang penjual.

Hardware test

Ini yang paling dilupakan dalam membeli smartphone second. Jangan lupak untuk mencoba semua hardware test dari smartphone tersebut. Untuk pembelian android, pastikan untuk mencoba hardware test melalui menu Settings > About Phone > tap 5 kali dibagian kernel version dan anda akan masuk kedalam mode hardware test.

Sekian tips untuk anda yang ingin membeli smartphone second / bekas. Walaupun harga smartphone second lebih murah dan bagus, tapi tetap saja anda harus memperhatikan beberapa tips di atas. Tapi lebih disarankan bila ingin membeli smartphone second, lebih baik yang satu kota saja. Bila online, akan sulit untuk mengklaim kembali bila adanya cacat fisik atau hal yang tidak diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here