MIUI 10 Milik Xiaomi Bisa Dipasang di OnePlus 6T – Smartphone flagship OnePlus 6 dan OnePlus 6T kini bisa dipasangi UI milik Xiaomi yaitu MIUI 10. Tentunya setelah dilakukan oprek terlebih dahulu.

MIUI 10 hadir di ponsel OnePlus sebagai custom ROM yang artinya bukanlah ROM Official dari asal ponsel tersebut. ROM ini doprek oleh ProtoDevNaN0, salah seorang senior dari salah satu forum ponsel XDA, ia mengadaptasikan dukungan sistem operasi Android Pie di perangkat berbasis MIUI 10 Versi 8.11.23.

Bila pengguna OnePlus 6 dan 6T melakukan penginstalan MIUI 10 di smartphone mereka, maka UI bawaan OnePlus yakni Oxygen OS bakal tertimpa. Semua data ponsel, fitur dan aplikasi pabrikan juga ikut terhapus.

baca juga : Xiaomi Mi A1 Mulai Mendapatkan Update Android 9.0 Pie

Setelah ponsel ini diinstal ulang dengan MIUI 10 oprekan ini, beberapa fitur utama dari MIUI 10 dapat berjalan dengan normal. Fitur utama dari MIUI 10 adalah yakni MIUI Always On Display, tema , wallpaper, gestur layar dan juga layanan MI AI yang diketahui dapat dipakai pada ponsel OnePlus.

Walau membawa fitur fitur utamanya, tapi masih terdapat beberapa bug dan fitur yang tidak dapat berfungsi. Seperti NFC, Flashlight toogle (menyalakan senter dari notifikasi), Kamera MIUI (bisa memakai google camera), Mi Account, Auto Rotation, Alert Slider (tampilan tingkat volume).

Untuk menginstall MIUI 10 Oprekan ini kedalam smartphone OnePlus 6 dan 6T, pengguna harus butuh waktu, kesabaran dan usaha ekstra. Hal ini dikarenakan firmware ini tercatat harus OB8, melakukan unlock bootloader yaitu proses menjebol akses kemanan smartphone.

Perlu diingat, bila membuka sistem bootloader, maka aplikasi yang mengandalkan keamanan tidak akan bekerja seperti pembayaran digital, Google pay, atau netflix. Disamping itu, unlock bootloader juga mewajibkan pengguna untuk memasang custom recovery TWRP, aplikasi sistem bootloader yangberguna untuk menginstall ROM MIUI di perangkatnya.

Bila anda ingin mencobanya, anda bisa mengikuti langkah langkah berikut pada link berikut ini.

MIUI 10 Milik Xiaomi Bisa Dipasang di OnePlus 6T
foto : XDA Developer
MIUI 10 Milik Xiaomi Bisa Dipasang di OnePlus 6T
foto : XDA Developer
MIUI 10 Milik Xiaomi Bisa Dipasang di OnePlus 6T
foto : XDA Developer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here