Nokia 9 PureView Menjadi Ponsel Pertama Dengan 5 Kamera – Berbulan bulan Nokia dengan 5 kamera ini menjadi rumor yang diperdebatkan, akhirnya kini resmi meluncur di Barcelona, Spanyol pada hari Minggu (24/2/2019).

baca juga : Xiaomi Mi 9 Resmi Meluncur, Ini Dia Harganya!

Nokia 9 PureView telah mematok sebuah standar baru di industri smartphone, ketika vendor lain masih memamerkan ponsel dengan tiga atau empat kamera, Nokia langsung meloncat untuk menjadi ponsel pertama dengan 5 buah kamera.

Desain kameranya menarik, bukan horizontal ataupun vertikal, tapi zig-zag. Kamera yang berdampingan ini terdapat LED Flash dan juga Sensor time-of-flight untuk menjamin kedalaman dari foto yang dihasilkan.

Kelima kamera ini merupakan sensor buatan Zeiss. Masing-masing menggunakan resolusi yang sama yakni 12 MP dengan bukaan f/1.8. Ketiga kamera memuat lensa monokrom sedangkan 2 lainnya RGB.

Nokia 9 PureView Menjadi Ponsel Pertama Dengan 5 Kamera
foto : GSM Arena

Nokia mengatakan setiap kamera dapat menangkap exposure yang berbeda untuk menambah data pada hasil foto. Secara teori, cara tersebut dapat memungkinkan hasil dari foto terlihat lebih detail dan warna yang tajam.

Selain Zeiss, Nokia juga kolaborasi dengan Light, perusahaan fotografi asal Amerika Serikat. Kerja sama ini berupa sebuah chip Lux Capacitor buatan Light agar dapat mengontrol fungsi dari kelima kamera. Nokia ternyata bisa mengambil gambar dengan format RAW. Begitu juga pengguna dapat mengotak atik gambar sesuai dengan kehendak.

Pada bagian depan, Nokia 9 PureView menyematkan kamera selfie tunggal dengan resolusi 20 MP. Nokia 9 PureView diotaki dengan Snapdragon 845 dan dipadu juga dengan RAM 6 GB beserta internal memory 128 GB. Layar yang digunakan adalah OLED dengan ukuran 5,99 inch resolusi 2k.

Untuk sistem keamanan smartphone ini menggunakan fingerprint in display. Nokia 9 PureView juga mendukung NFC, menggunakan port USB Type C dan ada sertifikat IP67 yang berarti smartphone ini dapat bertahan ketika direndam air berkedalaman maksimum 1 meter. Layarnya juga sudah terlindung dengan Gorilla Glass 5

Sayangnya headphone jack 3.5 mm harus absen dari smartphone ini. Ukuran baterai yang di berikan Nokia pada Nokia 9 PureView ini adalah 3.320 mAh dan menjalankan Android 9. Nokia 9 PureView ini hanya akan tersedia satu warna yakni midnight blue dan dijual mulai dari 699 Dollar AS (sekitar 9,8 jutaan). Smartphone ini rencananya akan dipasarkan pada bulan Maret.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here