Spotify Menaikkan Batas Usia Pengguna di Indonesia Menjadi 21 Tahun – Sebagian pengguna Spotify mendapatkan e-mail yang berisi pembaruan kebijakan mengenai streaming musiknya. Spotify mengumumkan beberapa kebijakan seperti batas usia dan juga keterlibatan pihak ketiga.

baca juga : Google Assistant Akan Bisa Mengenali Wajah Pengguna

Kebijakan ini berlaku untuk semua pengguna global. Salah satunya kebijakan yang paling di sorot adalah batasan usia. Di sebagian besar Negara Spotify mengizinkan pengguna berusia 13 tahun ke atas asal mendapatkan persetujuan dari orangtua atau wali.

Khusus di Indonesia, Spotify memebrlakukan usia minimal pengguna usia 21 tahun atau di tasnya. Sebelumnya merupakan usia 13 tahun ke atas.

Beberapa pengguna Spotify di Indonesia pun menanyakan hal ini kepada pihak Spotify melalui Twitter. Menanggapi hal tersebut, Benjamin Chelliah, Head of Communication Spotify Asia menjelaskan secara umum bahwa ingin memperjelas syarat dan ketentuan yang berlaku di Spotify.

Tapi ia tidak menjelaskan alas an yang melatarbelakangi aturan batas usia di Indonesia di atas 21 tahun. Ben juga tidak menjelaskan apakah ada perubahan pada metode pembayaran untuk paket Premium for Student dimana sebelumnya paket tersebut memiliki batas usia 18 tahun.

Paket Premium for Student diberikan Spotify dengan harga separuh harga. Spotify menggunakan bantuan pihak ketiga untuk memverifikasi status pelajar dengan mencocokkan data universitasnya dengan SheerID.

Disini Ben juga menyinggung pembaruan informasi mengenai keterlibatan pihak ketiga. Kurang lebih pembaruan tersebut menyerahkan wewenang penggunaan aplikasi pihak ketiga serta syarat dan ketentuan layanan yang berlaku di aplikasi atau perangkat tersebut.

Spotify Menaikkan Batas Usia Pengguna di Indonesia Menjadi 21 Tahun
foto : Spotify

Ben menekankan penggunaan aplikasi illegal yang memblokir iklan untuk layanan non premium, ia mengatakan bahwa tindakan tersebut tidak diperbolehkan. Syarat dan ketentuan tersebut sudah berlaku mulai 13 Februari 2019 untuk semua pengguna. Anda bisa melihat syarat dan ketentuan spotify di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here