Tips Merawat Battery Smartphone Agar Tetap Awet– Para pengguna smartphone pastinya yang mereka utamakan adalah kapasitas dan daya tahan batterynya. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin lama pemakaian smartphone tersebut.

Walaupun kapasitas battery sebuah smartphone besar, hal tersebut tidak menjamin bahwa smartphone anda akan selalu awet dan tahan lama. Sebuah battery smartphone pada umumnya memiliki batas usia yang berbeda beda.

baca juga : Xiaomi Akan Meluncurkan Smartphone Terbarunya Pada 6 November

Anda bisa saja memperpendek ataupun memperpanjang usia battery smartphone tersebut tergantung bagaimana anda merawatnya. Banyak sekali tips yang beredar di internet mengenai cara merawat battery smartphone, kebanyakan menyarankan untuk memakai smartphone secara teratur.

Berikut ini Tips untuk merawat battery smartphone agar tetap awet dan tahan lama

Menggunakan Charger Bawaan / Charger dengan Tegangan Volt sesuai battery

Hal ini telah menjadi hal yang umum karena setiap smartphone pasti ketika dibeli mendapatkan 1 charger. Charger tersebut sudah dirancang sedemikian rupa sesuai dengan spefikasi dari battery smartphone tersebut. Tapi bila anda malas membawa charger bawaan tersebut, anda bisa membeli satu kepala charger dengan cabang kabel usb yang banyak, tapi sesuaikan juga dengan volt dan tegangan dari battery anda, apakah kepala tersebut cocok atau tidak.

Siklus Pengecasan

Beberapa perangkat biasanya menunjukan informasi mengenai kesehatan battery seperti contohnya Apple, sehingga kita bisa mengetahui apakah performa battery kita membaik atau memburuk. Biasanya pada iphone dibutuhkan 500 kali siklus isi ulang daya hingga performa battery turun menjadi 80% dari kondisi awal. Lama kelamaan persentase tersebut akan semakin menurun. Jadi sebaiknya anda tidak membuang buang siklus isi ulang battery ini. Jangan memasang dan mencabut charge bila tidak perlu.

Temperatur Battery

Temperatur battery juga berpengaruh terhadap performa battery sebuah smartphone. Jangan pernah mengisi ulang di bawah 0 derajat ataupun di atas 45 derajat celcius. Kondisi ini bisa merusak battery smartphone. Lebih baik anda membiarkan ponsel anda mati karena kehabisan daya dibandingkan mengisinya di tempat yang temperaturenya ekstrim.

Overcharge / Charge berlebihan

Bila anda ingin tidur, pastikan smartphone anda tidak anda tinggalkan dalam keadaan charge. Hal ini dikarenakan battery yang overcharge dapat membunuh battery itu sendiri. Overcharge dapat memperpendek usia sebuah battery smartphone.

Tidak bermain smartphone ketika charge

Jangan bermain game ataupun memutar musik ketika smartphone dalam keadaan charge. Malah lebih disarankan untuk mengaktifkan pesawat mode ketika charge agar temperatur battery tetap terjaga dan tidak overheat.

Itulah tips untuk menjaga battery smartphone agar tetap awet. Walaupun pada akhirnya battery smartphone akan mati sendirinya, tapi setidaknya anda telah memperpanjang umur sebuah battery tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here